Minggu, 02 Juni 2013

Studi Kelayakan Bisnis Futsal



 
Dedi Septiadi Gunawan
FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI
UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
2013
SOAL KEWIRAUSAHAAN S2 BISNIS FIA UB
Dosen: Prof. Dr. Endang Siti Astuti, M.Si
1. Jika Anda memiliki uang 1 milyard. Berikut ini ada pilihan bidang usaha, saudara diminta memilih sesuai minat anda, 1 orang 1 bidang usaha, selanjutnya Susunlah suatu studi kelayakan dari bidang usaha:
a. perdagangan
b. pertanian
c. jasa perorangan
d. jasa umum
e. jasa wisata
berikutnya analisis aspek pasar, aspek teknik, aspek manajemen, aspek finasial dan aspek keputusan yang meliputi kriteria investasi yang dilihat dari payback period, NPVP, Rate on return dan probability index.
2. Setelah Anda susun kelayakan usaha selanjutnya buatlah perencanaan usaha dari bidang usaha yang Anda minati tersebut.



                                              














STUDI KELAYAKAN BISNIS PENYEWAAN
 LAPANGAN FUTSAL

1.        PENDAHULUAN
Berawal dari hobi dan kegiatan olahraga sore yang sering saya lakukan bersama kawan-kawan selepas kuliah selama studi S2 di Universitas Brawijaya, saya melihat futsal menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni. Berdeda dengan olahraga paling popular di dunia adalah olahraga sepak bola, dimana olahraga ini dimainkan secara tim yang terdiri dari 11 orang pemain dalam satu tim dan memerlukan lapangan yang relative luas untuk memainkannya. Di Indonesia olahraga sepak bola juga merupakan olahraga yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia terlebih hampir setiap tahun selalu ada kompetisi sepakbola baik tingkat lokal maupun internasional digelar, dari sini terlihat animo masyarakat terhadap sepak bola sangatlah tinggi.
Di Indonesia olahraga sepak bola merupakan olahraga yang tergolong mahal jika harus menyewa stadium. Namun belakangan popular olahraga sepak bola dalam ruangan yang tidak kalah menarik dan banyak peminatnya adalah olahraga futsal. Futsal adalah olaraga alternative yang bisa dilakukan orang Indonesia ketika mereka ingin bermain sepak bola.
Futsal adalah olahraga sepak bola di dalam ruangan yang di dalam satu tim terdapat 5 pemain dengan lapangan yang relative kecil dengan ukuran 15 x 25 meter persegi untuk standart internasinal. Di Indonesia olahraga futsal sangat banyak peminatnya dengan keterbatasan lapangan yang tersedia maka bisnis penyewaan lapangan futsal merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.
Agar usaha futsal dapat terus berlangsung dan berjalan lancar, maka perlu dilakukan beberapa hal hal seperti menentukan lokasi tanah kosong yang strategis dan mudah dijangkau oleh para pengguna olah raga futsal, melakukan analisis lingkungan dengan mempertimbangkan pula peluang calon pemain/pengunjung (anak-anak, remaja, orang dewasa), serta menyediakan lahan parkir bagi kendaraan bermotor yang cukup luas dan fasilitas-fasilitas lain yang menambah kenyamanan pengguna jasa layanan ini seperti, cafe, Wi-Fi, ruang tunggu, kamar mandi bersih, mushola, dll
2.        ASPEK-ASPEK KEBERHASILAN USAHA
Usaha futsal memerlukan beberapa persiapan untuk memulainya. Persiapan ini pada dasarnya merupakan langkah-langkah awal sebelum memulai usaha futsal agar teridentifikasi kebutuhan mendasar yang diiperlukan. Sehingga diperlukan beberapa analisis dari aspek-aspek penting terkait dengan keberhasilan dari usaha ini.


2.1 Aspek Pasar dan Pemasaran
Penyewaan lapangan futsal merupakan bisnis di bidang layanan jasa. Untuk prospek pasar kedepan bisnis lapangan futsal sangat menjanjikan hal ini di karenakan kegemaran masyarakat akan olahraga futsal sangat besar namun dengan keterbatasan area lapangan bisa sangat menghambat terutama di daerah perkotaan, maka dari itu jasa menyedia lapangan futsal sangat menjanjikan.
Terkait dengan segmentasi pasar dari lapangan futsal sendiri sangatlah luas yaitu meliputi remaja dan dewasa laki-laki yang berusia berkisar antara 15-40 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan konsumen akan datang di luar segmen kami misalnya saja saat ini banyak akademi-akademi futsal junior yang berusia di bawah 15 tahun.
Persaingan dalam hal lapangan futsal di kota Medan masih relatif mudah dan pesaing belumlah banyak. Lapangan futsal di kota besar cenderung lebih banyak dari pada di kota-kota kecil namun keseimbangan antara penawaran dan permintaan masih sangat jauh selisihnya, untuk saat ini permintaan akan lapangan futsal masih lebih besar dari pada penawaran. Jadi untuk aspek pasar dan pemasaran bisnis ini sangat layak karena analisis permintaan pasar saat ini masih lebih besar dari pada penawaran.
Beberapa strategi pemasaran  lain yang bisa dilakukan untuk mempromosikan sekaligus menarik minat pelanggan datang ke tempat futsal, antara lain :
§  Menyediakan media informasi dan promosi semaksimal mungkin agar usaha futsal dikenal dan dikunjungi.  Agar tempat dan keberadaan usaha dan lapangan futsal selalu dapat diketahui orang atau calon pengguna, maka pemasangan spanduk atau billboard di depan tempat futsal.
§  Berbagai kesiapan tempat dan peralatan futsal ditunjang pula dengan acara pembukaan (grand opening) dengan maksud agar tempat dan lokasi futsal yang ada lebih dikenal dan dilirik banyak orang. Pada akhirnya pengguna dapat menggunakan lapangan futsal dengan berbagai fasilitas secara kontinu. Dengan kondisi ini, usaha futsal yang digeluti banyak dikenal orang, digemari, dan usaha berkesinambungan dalam jangka pendek maupun panjang.
§  Menerapkan sistem keanggotaan (membership) dengan memberikan ikatan keanggotaan atau pemberian insentif diskon bagi anggota aktif yang telah terdaftar.
§  Memberi kupon tiap 1 jam bermain, dan dapat diakumulasikan setiap 10 kupon dapat bermain 1 jam gratis. Atau sistem member dengan pembayaran perbulan, dengan jumlah main 4 kali dalam 1 bulan dengan harga lebih murah dibanding 4 x main tanpa member.
§  Penetapan harga sewa lapangan juga merupakan faktor penting dalam menarik pasar, sehingga penetapan harga yang ditawarkan adalah :
·         Senin – Jumat           Jam : 08.00 – 16.00 Harga : Rp. 90.000 / jam
Jam  : 17.00 – 20.00 Rp. 110.000
·         Sabtu & Minggu       Jam : 08.00 – 16.00 Harga : Rp. 100.000 / jam
Jam : 17.00 – 21.00 Rp. 120.000
§  Menyewakan perlengkapan lain yang dibutuhkan pengguna, misalnya sepatu bola, kaos tim sepakbola, kaos kaki. Senantiasa mengikuti mode/trend yang diminati oleh pelanggan futsal.
§  Untuk menarik pelanggan, perlu diadakan turnamen, pertandingan, eksebisi, atau kompetisi futsal. Selain memperbanyak frekuensi penggunaan lapangan, hal ini juga bermanfaat bagi upaya perluasan jangkauan bagi khalayak akan keberadaan tempat dan jenis layanan yang tersedia maupun salah satu ajang promosi yang sangat tepat.
§  Melakukan kerjasama dan melakukan hubungan sponsor (sponsorship) untuk bekerja sama dan memajang iklan produknya di dalam ruangan lapangan futsal (indoor) atau di luar bangunan tempat bangunan futsal (outdoor). Dengan demikian, kegiatan kerjasama ini akan menambah perolehan pendapatan (income) tambahan.
2.2  Aspek Teknis dan Operasional
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan terkait dengan aspek teknis antara lain :
§  Menentukan pilihan lokasi dan tempat yang akan dijadikan tempat futsal, lokasi yang dekat dengan permukiman atau perkantoran member nilai tambah.
§  Memilih lokasi dan tempat lapangan futsal sebaiknya mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan, dan tidak mengganggu orang-orang di sekitarnya. Jika mungkin pilihlah lokasi dengan luas yang memadai atau berukuran standar umum bahkan internasional.
§  Memperhatikan sirkulasi udara gedung dan lapangan futsal dengan cara mengusahakan sedemikian rupa agar saluran udaranya atau ventilasi udara relative cukup, sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman dalam bermain futsal atau menikmati suasana.
Untuk aspek operasional dari bisnis futsal ini meliputi :
§  Jam operasi lapangan adalah pkl. 08.00 s/d 20.00 tiap hari senin hingga Jum’at  dan 08.00 s/d 21.00 pada hari sabtu dan minggu
§  Pemesanan lapangan yang bisa dilakukan secara manual datang ke lokasi futsal maupun secara online dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dalam web khusus atau juga dengan booking lewat telephone/HP. Biasanya para penyewa melakukan membooking lokasi 2-3 hari sebelum pemakaian, karena bisnis ini tak ada rentannya, siapa cepat dia dapat, setiap hari sudah pasti full tak bersisa. Jika kita mau main hari ini berarti kemarin lusa sudah harus memboking dengan harga 50% dari total harga sewa.
§  Melakukan perawatan peralatan dan perlengkapan secara rutin, yang meliputi lapangan, gawang, bola, lampu penerangan. Jaring (net), fasum, dst. untuk memberikan  kesan baik bagi konsumen.
§  Untuk mendukung suasana di ruang tunggu dapat disediakan televisi sebagai media informasi dan sarana hiburan bagi para pemain/pengunjung.
§  Sediakan pula informasi/majalah futsal atau bahan bacaan yang menghibur pemain/pengunjung.
§  Mempersiapkan berbagai peralatan, perlengkapan, dan infrastruktur lainnya atas dasar prinsip kecukupan dan kememadaian kuantitas maupun kualitasnya.
§  Membuka cafe/kios minuman dengan berbagai variasi jenis dan merknya sesuai dengan selera dan kebutuhan pengguna lapangan. Hal ini dapat menambah penghasilan rutin, terutama sekali menunjang secara langsung pembiayaan kebersihan dan kenyamanan ruangan dan lapangan futsal, disamping memberikan layanan bagi pengguna.
2.3  Aspek Manajemen dan Organisasi
Manajemen dan organisasi untuk bisnis futsal ini relatif sederhana dengan struktur organisasi yang flat dengan seorang general manajer di bantu 1 bagian administrasi yang bertanggung jawab mengenai urusan administrasi dan keuangan perusahaan dan 1 manajer pemasaran yang mengurusi terkait pemasaran dan komunikasi serta promosi. Terkait dengan karyawan/pegawai diambil dengan memanfaatkan anggota keluarga.
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek – aspek :
§  Profesionalisme.
§  Keahlian dalam hal keuangan, manajemen dan aspek hukum.
§  Atribut – atribut pribadi, seperti daya inisiatif, ambisi dan determinasi serta integritas.
§  Terkait dengan gaji, manajemen akan membayar gaji manajer penuh waktu Rp 1.000.000 per Bulan. Karyawan paruh waktu akan digaji sebesar Rp. 500.000 per bulan.
2.4  Aspek Hukum
Bentuk pelaksanaan bisnis ini adalah merupakan badan usaha perseorangan karena resiko dari usaha ini relative kecil dan modal investasinya juga mampu 100% dari perseorangan. Legalitas dalam bisnis merupakan hal yang sangat riskan. Dalam urusan legalitas lapangan nakama futsal zone tidak mendapatkan masalah karena nakama futsal zone akan dibangun di jalan raya antara dua kecamatan dan waktu usaha pun tidak akan mengganggu aktivitas warga sekitar karena waktu usaha kami di mulai pukul 08.00 pagi s.d 21.00 malam selain itu juga  penduduk di sekitar tempat usaha masih sangat jarang dan mayoritas dari masyarakat juga penggemar dari olahraga futsal, hal ini penting diperhatikan untuk mendapatkan legalitas dari masyarakat melalui kepala desa sekitar. Sehingga untuk perizinan selanjutnya kepada pemerintah daerah terkait dengan izin usaha, izin lokasi izin gangguan dan IMB. Untuk pengurusan perizinan tersebut di daerah Medan sangatlah dipermudah sehingga masalah legalitas tidaklah sulit. SIU ini hanya sekali dibuat dan tidak perlu perpanjang tiap tahunnya.
Beberapa izin usaha wajib dimiliki oleh pengusaha antara lain :
§  Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
§  Izin Gangguan (HO) atau Surat Izin Tempat Usaha dari Dinas Perizinan;
§  Surat Pernyataan tidak keberatan dari warga atas usaha tersebut.
Usaha futsal yang menjamur belakangan ini ternyata menimbulkan keresahan warga akibat keramaian atau kributan yang ditimbulkan bagi lingkungan di sekitarnya. Permohonan Izin untuk skala besar diserahkan kepada Dinas Perizinan dengan membawa lampiran berupa :
§  Fotokopi KTP pemohon;
§  Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan;
§  Fotokopi IMB, site plan berikut gambar denah dan situasi;
§  Fotokopi Surat kepemilikan tanah atau keterangan status kepemilikan tanah;
§  Keterangan domisili Perusahaan dari Lurah/Camat setempat;
§  Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga yang bersebelahan dengan lokasi usaha;
§  Fotokopi bukti pelunasan PBB tahun terakhir;
§  Peta lokasi dengan skala 1:100 dan peta situasi skala 1:1000;
§  Proposal teknis rencana pembangunan lapangan dan site plan
§  Gambar konstruksi bangunan yang telah mendapat persetujuan dari instansi setempat lengkap dengan bangunan ukur (water meter)
§  Rekomendasi/Serbaguna dari Lurah dan Camat setempat.
2.5 Aspek Finansial
Perhitungan Perkiraan Pemasukan :
Ø  Terlebih dahulu kita menghitung harga penyewaannya Lapangan :
§  Harga Hari Senin s/d Jumat (08.00 s/d 16.00)          = 8 Jam x Rp. 90.000
= Rp. 720.000/ 8 Jam
Harga Hari Senin s/d Jumat (17.00 s/d 20.00)          = 3 Jam x Rp. 110.000
= Rp. 330.000/ 3 Jam
§  Harga Hari Jum’at s/d Sabtu (08.00 s/d 16.00)        = 8 Jam x Rp. 100.000
= Rp. 800.000/ 8 Jam
Harga Hari Jumat s/d Sabtu  (17.00 s/d 21.00)        = 4 Jam x Rp. 120.000
= Rp. 480.000/ 3 Jam             
Total per minggu                                                         = Rp. 7.810.000/ minggu
                                                                                                = Rp. 1.115.000/ hari
            Total pemasukan per Jam                                            ≈ Rp. 100.000/ Jam
(Catatan : Sebaiknya survey dulu harga-harga di sekitarnya supaya tercipta persaingan yang sehat).
Ø  Pemasukan Dari Kantin/Cafe & Parkir per Bulan           = Rp. 6.600.000,00     +
 Total Pemasukan per Bulan                                               = Rp. 40.050.000,00
Ø  Sumber Modal
§  Modal Sendiri (tersedia)                                           : Rp 1.000.000.000,00
             (Satu Milyar Rupiah)
Ø  Pengeluaran untuk Investasi dan Lain-Lain :
§  Finis Lapangan Futsal :
1.      Vyneels Dan Jaring                                            : Rp. 170.000.000,00
2.      Bola Futsal : 2 pcs @ Rp. 150.000                    : Rp.       300.000,00
3.      Rompi : 24 pcs @ Rp. 20.000                           : Rp.      480.000,00
4.      Lighting : 12 pcs @ Rp. 900.000                      : Rp.  10.800.000,00
5.      Tiang Untuk Lighting : 6 pcs @ Rp. 450.000   : Rp.    2.700.000,00   +          
Total pembuatan lap. vyneels                            : Rp. 184.280.000,00
Ø  Untuk analisa kelayakan finansial pembuatan Gedung Futsal. Untuk analisa harus dihitung terlebih dahulu kebutuhan volume tanah untuk keseluruhan gedung.
Asumsi harga tanah di Jl. Bunga Rinte, Medan (Harga/m2 ) = Rp. 850.000.000 s/d 1.000.000/m2. Jika Kita akan membuat lapangan dengan ukuran (15 x 25) mtr, maka area lahan yang dibutuhkan menjadi (17 x 27) mtr = 459 m2 + 100 m2 (lahan untuk fasum & cafe) = 559 m2. Jadi Biaya untuk pembelian tanah :
= 559 m2 x Rp.850.000.00,00                                  : Rp. 475.150.000,00
Ø  Biaya untuk pembangunan Fasum & Cafe                      : Rp.   80.000.000,00
Ø  Biaya dengan membangun lapangan Futsal:
-          Biaya Sipil (Fondasi, Lantai dan dinding)        = Rp.   80.000.000,00
-          Biaya Konstruksi Tiang Baja WF dan Atap      = Rp. 175.000.000,00
-          Biaya Lapangan Rumput & Jaring.                   = Rp. 134.500.000,00
-          Biaya Izin Usaha                                               = Rp.        500.000,00 +
Total Biaya membangun Lapangan Futsal                       = Rp. 390.000.000,00
Grand Total                                                                    = Rp. 945.000.000,00
Ø  Biaya operasional/bulan
o   Listrik                                                                               : Rp 1.500.000,00
o   Air                                                                                    : Rp    800.000,00
o   Perlengkapan & Perawatan                                              : Rp    500.000,00
o   Penyusutan Bangunan (20 thn)                                        : Rp 3.327.083,00
o   Gaji manajer @ 1.000.000                                               : Rp 1.000.000,00
o   Gaji karyawan @ 500.000                                               : Rp 2.000.000,00
o   Lain-lain (Wi-Fi, sampah)                                                : Rp    200.000,00  +
TOTAL                                                                           = Rp 9.327.083,00
Ø  Estimasi keuntungan/bulan                              
o    Keuntungan per Bulan                                                     = Rp. 40.050.000,00
o    Biaya operasional per Bulan                                             = Rp    9.327.083,00   -
Ø  Keuntungan bersih/bulan                                             ≈ Rp 30.723.000,00
Ø  Analisis parameter investasi
Untuk mengetahui Kelayakan finansial dari bisnis futsal ini, dapat dilihat pada perhitungan-perhitungan dibawah ini. Kami mengasumsikan diskon faktor 6 % (modal sendiri/bunga bank deposito)
Tabel 1. Fixed cost dan variabel cost
Tahun ke-1 (Bln ke-1 s.d ke-12)









Bulan
Tahap Pembangunan
Start Up
Full Capacity
Periode
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Kapasitas
0
1
2
30%
60%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
100%
Fixed Cost












Gaji
0
0
0
900.000
1.800.000
3.000.000
3.000.000
3.000.000
3.000.000
3.000.000
3.000.000
3.000.000
Listrik
0
0
0
450.000
900.000
1.500.000
1.500.000
1.500.000
1.500.000
1.500.000
1.500.000
1.500.000
Air
0
0
0
240.000
480.000
800.000
800.000
800.000
800.000
800.000
800.000
800.000
Maintenance
0
0
0
150.000



500.000



500.000
Penyusutan (15 thn) *
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
3.327.083
Tot. Fixed Cost
0
0
0
1.740.000
3.180.000
5.300.000
5.300.000
5.800.000
5.300.000
5.300.000
5.300.000
9.127.083
Variable Cost












Bola
0
0
0
300.000



300.000



300.000
Lampu
0
0
0








10.800.000
Vyneels & Jaring  (15thn)
0
0
0








11.333.333
Rompi
0
0
0








480.000
Tiang u/ Lampu (15thn)
0
0
0








180.000
Tot. Variable Cost
0
0
0
300.000
-
-
-
300.000
-
-
-
25.613.333
Total Fixed Cost + Variable Cost      Tahun ke -1                 =Rp.70.040.416,00
                                                            Tahun ke-2 s.d 15       =Rp.96.620.416,00(full capacity)

Ø  Break Event Point (BEP)
Titik impas atau titik pulang pokok atau Break Even Point (BEP) merupakan suatu keadaan dimana tingkat produksi atau besarnya pendapatan sama dengan besarnya pengeluaran yang dilakukan oleh proyek, sehingga pada keadaan tersebut proyek tidak mengalami kerugian dan tidak mendapatkan keuntungan. Untuk mengetahui nilai BEP maka bisa dilihat pada tabel dibawah ini.






Tabel 2. Rugi laba investasi
No
Uraian
Tahun
0
1
2
3
4
1
Pendapatan
-
316.395.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000







2
Pengeluaran






Investasi Awal
945.000.000
-
-
-
-

Biaya Variabel
-
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333

Biaya Tetap
-
46.347.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083

Total Pengeluaran
945.000.000
70.040.416
96.620.416
96.620.416
96.620.416







3
R/L Sebelum Pajak
-
246.354.584
383.979.584
383.979.584
383.979.584
4
Pajak (30%)*
-
73.906.375
115.193.875
115.193.875
115.193.875
5
Laba Setelah Pajak
-
172.448.209
268.785.709
268.785.709
268.785.709







6
BEP
-
23.191.174
23.191.174
23.191.174
23.191.174
*Berdasarkan UU Pajak Penghasilan No. 36 Tahun 2008 (Berlaku mulai tanggal 1 Januari 2009)
Ø  Perhitungan Net present value (NPV), internal rate of return (IRR), pay back periode (PBP) dan probability index (PI)
Kriteria-kriteria diatas dapat dihitung menggunakan rumus seperti pada tabel di bawah ini :

Kriteria-Kriteria Kelayakan Bisnis
Rumus
Ket.
PBP
II =  Initial Invesment
CF  =  Cash Flow Tahunan Periode t
K  =  Biaya Modal
N  =  Umur Ekonomis
PVCF  =  Present Value Cash Flow
PVIF  =  Present Value Interest Factor
IRR  =  Internal Rate of Return
NPV  =  Net Present Value
PBP  =  Pay Back Period
PI  =  Probability Index
NPV
IRR
PI




Dari hasil perhitungan didapat,
Tabel 3. Nilai NPV, IRR dan PBP
No
Uraian
Tahun
0
1
2
3
4
5
6
7
1
Pemasukan









Penghasilan
-
316.395.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000

Arus Masuk u/ Menghitung IRR
-
316.395.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000










2
Pengeluaran









1. Biaya Investasi
945.000.000








2. Biaya Tetap
-
46.347.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083

3. Biaya Variabel
-
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333

4. Pajak (30%)
-
73.906.375
115.193.875
115.193.875
115.193.875
115.193.875
115.193.875
115.193.875

Arus Keluar u/ Menghitung IRR
945.000.000
143.946.791
211.814.291
211.814.291
211.814.291
211.814.291
211.814.291
211.814.291










3
Arus Bersih (NCF)

172.448.209
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
4
Cash Flow u/ Menghitung IRR
(945.000.000)
172.448.209
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709

Disc. Factor 6 %
1,0000
0,9434
0,8900
0,8396
0,7921
0,7473
0,7050
0,6651

Present Value
(945.000.000)
162.687.640
239.219.281
225.672.481
212.905.160
200.863.560
189.493.825
178.769.375



















































Lanjutan Tabel 3
No
Uraian
Tahun
8
9
10
11
12
13
14
15
1
Pemasukan









Penghasilan
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000

Arus Masuk u/ Menghitung IRR
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000
480.600.000










2
Pengeluaran









1. Biaya Investasi









2. Biaya Tetap
72.927.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083
72.927.083

3. Biaya Variabel
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333
23.693.333

4. Pajak (30%)
115.193.875
115.193.875
115.193.875
115.193.875
115.193.875
115.193.875
115.193.875
115.193.875

Arus Keluar u/ Menghitung IRR
211.814.291
211.814.291
211.814.291
211.814.291
211.814.291
211.814.291
211.814.291
211.814.291










3
Arus Bersih (NCF)
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
4
Cash Flow u/ Menghitung IRR
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709
268.785.709

Disc. Factor 6 %
0,6274
0,5919
0,5584
0,5268
0,4970
0,4688
0,4423
0,4173

Present Value
168.636.154
159.094.261
150.089.940
141.596.311
133.586.497
126.006.740
118.883.919
112.164.276










5
Analisa Kelayakan Usaha









NPV (6%)
Rp.1.485.499.332
(NPV > 0, usaha Layak dijalankan)





IRR
25%
(IRR > 6 %,Usaha layak dijalankan)





PI
1,67
(PI > 1, usaha layak dijalankan)





PBP
5 Tahun 4 Bulan





REKOMENDASI
Dilihat dari aspek pemasaran bisnis di bidang jasa lapangan futsal sangat potensial dengan pasar yang luas dan persaingan yang relatif tidak ketat. Untuk permodalan bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar namun juga menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Modal besar yang diperuntukkan untuk pembelian tanah dihitung sebagai bentuk investasi lainnya untuk mengurangi resiko kegagalan bisnis selain nilai harga jual tanah setiap tahunnya selalu mengalami kenaikkan. Untuk masalah aspek teknis dan SDM dalam bisnis ini tidak terlalu berpengaruh namun aspek ini pun telah terpenuhi, sebagai mana dijelaskan diawal untuk tenaga kerja diambil dari anggota keluarga sehingga faktor gaji karyawan tidak mengikat/mengikuti UMP provinsi namun tetap mempertimbangan profesionalisme dan skill yang dimiliki para karyawan. Dari hasil analisa kelayakan binis yang telah dipaparkan diatas, penulis menilai bisnis futsal  ini sangat layak dan menjanjikan keuntungan untuk dlakukan.


1 komentar:

  1. izin share ya, jika membutuhkan lantai futsal sekaligus dengan jasa pemasangannya bisa datang ke kami. Atau jika ingin info terlengkapnya bisa visit kami di jasa pemasangan lantai futsal terima kasih, semoga bermanfaat ya

    BalasHapus